PEMEROGRAMAN
BERORIENTI OBJECT 1
1. Pengenalan oop =
- class : -konsep dan deskripsi dari sesuatu.
-blueprint/cetakan.
-
object : -instance dari
class,bentuk(contoh) nyata dari class.
-hasil cetakan dari class.
2. Class member-atribut =
- atribut/variable/state : - variabel yang mengitari clas,dengan
Nilai datanya bias ditentukan di object.
- variabeldigunakan untuk menyimpan
Nilai yang nantinya akan digunakan pada
program.
-Sesuatu yang dimiliki class.
3. class member – method =
-method/behavior
adalah urutan intruksi yang mengakses data data object.
-kegiatan yang dapat dilakukan/dikerjakan oleh
class.
-methoud
melakukan: 1.manipulasi data
2.perhitungan
matematika
3.memonitor kejadian dari suatu event
4.konstruktor –method =
-methoud yang
identifier/namanya sama sengan nama class.
-methoud yang
pertama kali dipanggil pada proses instansiasi/pembuatan object
5.enkapsulasi =
-mekanisme
menyembunyikan suatu proses dan data dalam system untuk menghindari
Interferensi,dan menyederhanakan
prose situ sendiri.
-pembungkusan
atribut untuk menghindari akses illegal.
6.implementasi enkapsulasi
=
-mendeklarasikan
instance variable sebagai private.
-mendeklarasikan
method yang sifatnya public untuk mengaksesvariabel tersebut.
7.intheritance(pewarisan)=
-satu kelas dapat
mewariskan atribut dan method kepada kelas lain (subclass),serta
Membentuk class
hierarchy.
-tujuan :
reusability,perluasan attitude
-java keyboard :
extends
8.polymorlisme (1) =
-kemampuan untuk
memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) yang berbeda.
9.poymorlisme =
-implementasi
konsep poloymorphism :
*overloading :
kemampuan untukmenggunakan nama yang sama untuk beberapa method yang berbeda
parameter(tipe dan atau jumlah)
*overrinding :
kemampuan subclass untuk menerima methoud dari super class,yaitu
Dengan cara menggunakan nama dan parameter yang sama pada methoud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar