Rabu, 17 Oktober 2012

Mendapatkan Input dari Keyboard



Mendapatkan Input dari Keyboard

v Tujuan
          Kita sudah mempelajari konsep mendasar pada Java dan menulis beberapa program sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita akan mempelajari dua cara memberikan input, yang pertama adalah menggunakan kelas BufferedReader dan melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan kelas JOptionPane.
v Menggunakan BufferedReader untuk
mendapatkan input

     Pada bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;

2. Tambahkan statement ini:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
3. Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}

v Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input


Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane membuat kemudahan dengan memunculkan dialog box standar yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.

1.Statement pertama,
import javax.swing.JOptionPane;

Menjelaskan bahwa kita mengimport kelas JoptionPane dari javax.swing package.
Bisa juga ditulis,

import javax.swing.*;

2.statement selanjutnya,

name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");

3.membuat sebuah JOptionPane input dialog, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.
Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg,
String msg = "Hello " + name + "!";
4.Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang memilki sebuah pesan dan tombol OK,

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar